big head

Friday, July 08, 2016

agama, kepercayaan prinsip dan label

Agama... sensitif banget.

salah ketik dikit bisa diseret ke bui ataupun dibully seantero jagad. Kenapa ya? Apakah Tuhan segitu lemahnya sampe perlu dibela dengan cara menyakiti orang lain? Ini salah 1 perilaku yg aneh sih menurut gw.

gw bukan orang relijius. Lahir sebagai Buddhist, tanpa tau gimana cara sembayangnya, cara baca paritta, cuma tau sosok Buddha ya seperti itu. Orangtua gw berdoa, atau sembayang pake hio, di kelenteng ataupun di rumah. Ga ada ritual khusus, ga ada patung2 dewa dewi bahkan tempat nancep hio. Tapi gw liat kebaikan dan sifat pantang nyerah dari mereka. Ga jahat sama orang, dan hidupnya ga diribetin sama gitu2an. Ya, bukan relijius ga berarti jd orang jahat.

Gw merried pindah ke katholik. This one is a nice religion with black history. Belajar dulu agamanya yg sebagian besar gw udah tau karena gw sekolah di kristen protestan. Cuma belajar tata cara ibadah, urut2an nya, pujian2nya dll. Yg gw suka adalah romo katholik hidup selibat, dan tidak pegang uang. Jd yahh.. hebat lah bisa nahan nafsu duniawi dan ragawi yg terbesar. Apakah disini gw jd relijius? Iya nambah sedikit. Tapi engga ke gereja juga hahaha.. my.. gw begini amat ya, hehehe...

Agama, so powerful.

apakah gw percaya Tuhan itu ada? Iya jelas..dalam bentuk apa? Ga ada yg tau. Semua ajaran mengajarkan yg beda2 mengenai sang maha agung.. tapi yg pasti itu semua mengajarkan kebaikan. Kecuali klo kita liat kitab perjanjian lama yg Tuhannya koq kejem amat ya.. ah entahlah.. semua ajaran baik, orang2nya yg ga baik. Ga semua, tapi orang2 yg pemahamannya dangkal ini bisa ngerusak agama itu sendiri.

Agama bahkan udah jd label di badan kita. Apalagi di Indonesia, agama dicantumin di KTP. Menjadi pembatas dan pengkotak2an masyarakat. Buat gw agama penting, sebagai dasar iman dll.. tapi ya kebanyakan disalah gunain sama sebagian besar pemeluknya. Mentang2 apal ayat jadi merasa jago, klo ada yg ga apal dibilang kaga beragama, agama KTP. Lah yg nyantumin agama di ktp disini doang.. jelas aje istilahnya cuma ada disini.

Agama urusan pribadi orang.. bahkan sama orang yg seagama. Mau rajin ibadah ataupun ga pernah ibadah, bukan urusan kita. Yg rajin ibadah belum tentu hatinya bersih.. yg keliatannya slengean ga relijius blum tentu hatinya busuk. Klo sekadar ngingetin itu boleh.. bagus malah. Tapi mulai maksa dan ngejudge?Oh noo.. bukan teritory manusia. Itu urusan individu dgn Tuhan yg dipercaya oleh dia. Walaupun gw males juga dgn orang2 yg tiap ke gereja selalu check in dulu di socmed... oh ibadah koq dipamerinn.. yah itu urusan dia lah.

Gw bukan orang relijius. Gw bukan orang yg seneng ibadah. Gw cuma hidup baik, ga nyusahin orang, dan klo bisa nolong orang yg perlu bantuan, akan gw tolong. Hati gw ga bersih, banyak banget dosanya..wkwkwk... at least gw punya batasan dan moral dalam idup. Walaupun pernah gw langgar dan gw nyesel banget.

Yahh.. agama so powerful, its so powerful that can make people kills each other, can make people holding hand each other. Jangan mau diadu domba karena agama ya guys.. Tuhan ga perlu dibela.

0 Comments:

Post a Comment

<< Home