big head

Thursday, September 06, 2018

Seni abstrak vs realistis

Kmarenan liat postingan di fb, soal banding2in karya seni media bambu. Yang di Jakarta, ditaro di bunderan HI untuk mempercantik kota saat Asian Games, 1 lagi di Bali, buat dipajang saat ada festival canggu atau apalah lupa gue.. Disana lah debat terjadi.. Ga lupa juga sedikit bumbu2 politik soalnya yg di DKI kan gagasan si gaberner.

Dari bentuk, yg di Jakarta bentuknya abstrak, melambangkan kebersamaan dll lah terserah senimannya. Yg di Bali, bentuk kaya rahwana atau apa ya, gede juga.. Di Jakarta harganya 550juta, di Bali, menurut si pemosting kisaran 5 juta..waw. Mulailah perdebatan disini.. Buat yg nyeni, bakal bilang seni itu makin tinggi makin mahal, orang awam ga bakal ngerti liatnya. Sementara kubu 1 lagi, jelas yg Bali punya keren abiieezzz.. Mirip bgt sama rahwana atau barong ya? Yang di Jakarta gw sering lewatin, dan gw kurang bisa nikmatin indahnya sih, mungkin keren tapi ga kena di gue. 

Well,gw juga dikit2 nyeni lah, dan gw apresiasi kedua aliran tersebut. Yg abstrak akan keren klo kita bisa rasain emosi yg mau disampaikan sama si seniman. Ini emang levelan seni yg lebih tinggi, ga semua orang bisa lakuin, bentuk2 yg ada di benaknya dituang dlm karya seni. Biasanya, seniman model begini, udh ga puas sama yg realis.. Dia punya daya hayal yg menggila di kepalanya, yg mana sebetulnya dia capable untuk buat karya seni yg realistik.. Tapi dia bosen. Seni realistik udh ga bisa lagi nyalurin emosi dia. 

Ada juga sih yg ngeles bikin abstrak padahal sebetulnya emang dia ga bisa aja ngegambar yg realis, model2 begini biasanya ga akan nyampe emosinya. Abstraknya ya udah sekedar bentuk2 aja, nothing special. 

Contoh pelukis semi-abstrak itu picasso, lukisan dia yg ga proporsional, bentuknya yg aneh, tapi orang bisa nikmatin, karena dia berangkat dr sketch realis dulu, dan gambar realistik nya baguusss.. Ada juga Yayoi, pattern yg dia buat itu enak diliat, dgn paduan warna yg bagus juga, exhibit dia di museum Macan pun selalu penuh, entah orang kita emang seneng atau cuma buat IG nya aja, klo blom ada foto di ruangan polkadot Yayoi kayanya ketinggalan aja gitu, hahahaa.. Tapi emang keren itu buat foto2. 

Tapi ada juga lukisan abstrak termahal, itu aneh sih, cuma 2 warna doang dibelah kiri kanan.. Harganya puluhan juta dollar.. Aneh menurut gw.. Dan emang pernah ada kabar klo lukisan2 abstrak termahal ini cuma sarana money laundring bos2 aja.. Who knows?

Sculptor juga gitu, dia udh bosen sama bentuk patung yg gitu2 aja, akhirnya dibuatlah yg modelnya unik, enak diliat. 

Sementara seni realis, ini levelan buat kebanyakan orang2 awam penikmatnya, realistik dan detail, mirip sama aslinya.. Ini juga patut diapresiasi, walaupun dari segi harga ga akan bisa nyaingin yg abstrak. Kenapa gitu? Kan lebih lama dan susah bikinnya? Ya alasannya karena banyak seniman yg bisa bikin model begini.. Liat aja di taman seni ancol, lukisan padi menguning, cewe desa, ayam jago, kuda, atau ikan koi berapa banyak? 

Enaknya yg model begini ini enak diliat lama2, detailnya, kehalusannya, apalagi di seni sculpting.. Luar biasa deh bikin postur manusia udh kaya aslinya. Yang bisa bikin seni model begini tinggi harganya adalah klo si seniman bisa kasih ciri khas dia di lukisannya. Contoh vincent van gogh yg idupnya tragis itu. Starry night dia itu adalah pemandangan dr jendela kamar RSJ dimana dia tinggal, tapi dia kasih sentuhan sapuan khas van gogh.. Dan jadilah masterpiece, walaupun itu kejadian setelah dia mokat.


Okelah, selamat menikmati seni yg manapun lo suka.

0 Comments:

Post a Comment

<< Home